DESAIN RENCANA UNDERPASS SEBAGAI JALUR ALTERNATIF PENGENDARA SEPEDA MOTOR DAN PRASARANA PENYEBERANGAN PEJALAN KAKI

- Zainudin, Slamet Widodo, Siti Mayuni

Abstract


Kebutuhantransportasibagimasyarakat Kota Pontianak yang semakinmeningkatmenyebabkansemakinbanyak pula kebutuhanprasaranagunamemberikanaksespelayanan yang baik. Sebagai prasarana pendukung, transportasi harus mendapatkan pelayanan yang baik sehingga diperoleh sistem pergerakan yang efektif dan efisien bagi pengguna transportasi. Underpass merupakansalahsatuprasarana yang mendukunguntukmewujudkanhalinidimanaprasaranainitermasuksalahsatudaribagianjalanbebashambatan juga secaratidaklangsungmemberikanpelayanandankeamanan yang baikbagipejalan kaki maupunpenggunakendaraansepeda motor yang melintasiBundaranTuguDigulisJalan Ahmad Yani. 

Padapenelitianini, jumlahkendaraanpadajalan minor jalur 1, jalur B, jalur 3 danjalur D yang menghubungkankawasankampusUniversitasTanjungpuramencapai 18.473 s/d 29.559 kendaraaan/haridimanajikaarus minor menyentuhangkalebihdari 12.000 kendaraan/harimenuruthirarkinyaharuslahdigunakanjalantaksebidang. Sedangkanuntukfasilitaspenyeberangan, jumlahpejalan kaki dankendaraanarus mayor dapatdilihatpadahubungan P.V2dengannilaitertinggi 2,00 x 109dimananilai yang lebihdari 2,00x 108tersebutmemenuhisyaratdalampenentuanjenisfasilitaspenyeberangan.

Berdasarkanhasilperhitunganjumlahkendaraansepeda motor yang melintasijalan minor maupunpejalan kaki yang melintaspadaBundaranTuguDigulismenurutkriteriadesainnya, Underpass untukpengendarasepeda motor danpejalan kaki inididapatkanhasillebardimensimasing-masingadalah 4,5 m dan 1,5 m. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.