PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS PADA SIMPANG BERSINYAL MAPOLDA KALBAR AKIBAT PERUBAHAN GEOMETRIK SIMPANG

Meidi Ahdiyat Karunia, - Akhmadali, - Sutarto Y.M.

Abstract


Pemerintah Kota Pontianak membangun jalan baru pada Jl. Serdam yang berfungsi sebagai belok kiri langsung (LTOR) menuju Jl. Ahmad Yani dan membangun jembatan pada pendekat Jl. Ahmad Yani yang berfungsi sebagai belok kiri langsung menuju Jl. Serdam Sudarso. Akibat dari perubahan geometrik tersebut antrian pada satu lengan berkurang, namun pada jalan lain masih terdapat antrian panjang. Kondisi eksisting Simpang Bersinyal Mapolda Kalbar didapati nilai derajat kejenuhan Jl. Ahmad Yani 1,02; Jl. Serdam Sudarso 1,84; Jl. Arteri Supadio 1,33 dan Jl. Serdam 0,64. Nilai tundaan total kondisi eksisting Simpang Mapolda Kalbar sebesar 451,581 det/smp maka masuk Tingkat Pelayanan (LOS) F dengan durasi siklus selama 157 detik. Setelah dilakukan pengaturan ulang lampu lalu lintas didapati waktu siklus bertambah menjadi 178 detik dengan nilai tundaan total turun menjadi 431,86 det/smp. Pada alternatif 1 berupa pelebaran pendekat simpang mapolda Kalbar didapati nilai tundaan total menjadi 42,98 det/smp  maka kategori Tingkat Pelayanan masuk dalam kategori E.  Alternatif 2 mengubah fase simpang mapolda Kalbar menjadi 2 fase didapati nilai tundaan total turun menjadi 62,18 det/smp. Alternatif 3 berupa pembangunan jalan layang (flyover) pada simpang Mapolda Kalbar didapati nilai tundaan total kondisi pelebaran pada pendekat Simpang Mapolda Kalbar sebesar 9,11 det/smp maka kategori Tingkat Pelayanan masuk dalam kategori B.

Kata kunci: Tingkat Pelayanan, Tundaan, Antrian, Simpang Bersinyal, smp, MKJI 1997


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.