PENGARUH GRADASI DAN KEPADATAN RELATIF (DR) TERHADAP NILAI PERMEABILITAS TANAH PASIR

- Herwandi, - Marsudi, - Aprianto

Abstract


Didalam merencanakan suatu timbunan, baik itu timbunan badan jalan (embankment), maupun reklamasi rawa atau pantai, pasir selalu digunakan sebagai bahan timbunannya. Pemilihan material tersebut karena disamping relatif atau mudah diperoleh penimbun juga harganya lebih murah dibandingkan dengan tanah laterite. Sebelum digunakan sebagai bahan timbunan, terlebih dahulu disarankan membuat job mix (campuran kerja) yang mencakup, karakteristik fisik (Index properties), maupun mekanik (mechanical properties), dari bahan yang akan dipakai sebagai timbunan. Salah satu kriteria yang diminta dalam Job mix, adalah besarnya kepadatan minimum tanah(γdmin ) dan maximum tanah (γdmax ),serta besarnya nilai permeabilitas pasir.

Penelitian ini dilakukan di laboratorium dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gradasi dan kepadatan relatif (DR) terhadap nilai permeabilitas tanah pasir, dimana hubungan tersebut mempermudah kita dalam menentukan besarnya nilai Permeablitas.

Dari hasil analisa statistik menunjukan adanya hubungan yang sangat baik antara gradasi dan kepadatan relatif (Dr) terhadap nilai Koefisien Permeabilitas, dengan tingkat kepercayaan 93%.

 

Kata Kunci : Gradasi, Kepadatan relatif (DR), Permeabilitas (k) pasir.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.