EVALUASI STUDI TARIKAN PERGERAKAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DAN PENATAAN AREA PARKIR DI KAWASAN PASAR FLAMBOYAN KOTA PONTIANAK
Abstract
Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, maka Pemerintah Kota Pontianak membangun pasar tradisional salah satunya yaitu membangun Pasar Flamboyan terletak di Jalan Gajahmada dan Jalan Pahlawan. Adapun tujuan dari penulisan skripsi adalah menghitung besarnya nilai tarikan pergerakan yang ditimbulkan oleh Pasar Flamboyan, mengetahui kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Gajahmada dan Jalan Pahlawan yang dipengaruhi dengan adanya Pasar Flamboyan serta menghitung area parkir yang dibutuhkan terhadap jumlah kendaraan yang mengalami tarikan pergerakan oleh Pasar Flamboyan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai derajat kejenuhan dengan beraktivitasnya Pasar Flamboyan pada Jalan Gajahmada sebesar 1,06 dan pada Jalan Pahlawan sebesar 0,76. Kemudian nilai derajat kejenuhan diluar beraktivitas Pasar Flamboyan dengan mengurangi volume lalu lintas dikurangi dengan tarikan pergerakan pasar, hasilnya nilai derajat kejenuhan pada Jalan Gajahmada sebesar 0,46 dan pada Jalan Pahlawan sebesar 0,35. Sehingga pengaruh tarikan pergerakan Pasar Flamboyan menyebabkan perubahan derajat kejenuhan 0,60 pada Jalan Gajahmada dan 0,41 pada Jalan Pahlawan.
Dari hasil perhitungan diperoleh kebutuhan ruang parkir kawasan Pasar Flamboyan untuk kendaraan mobil 71 ruang parkir dan kendaraan sepeda motor 898 ruang parkir. Sedangkan ruang parkir tersedia yang diperoleh dari kondisi Existing area parkir pasar 19 ruang parkir mobil dan 750 ruang parkir sepeda motor. Hal ini menyebabkan banyaknya kendaraan mobil maupun sepeda motor yang parkir di badan jalan Sehingga dilakukan penataan pada area parkir pasar dan hasilnya dapat melayani 58 ruang parkir mobil dan 898 ruang parkir sepeda motor. Kendaraan mobil yang tidak terlayani sebanyak 13 ruang parkir di alihkan parkir pada halaman ruko di kawasan Pasar Flamboyan. Untuk mengurangi kebutuhan ruang parkir kebutuhan mobil dapat dilakukan dengan mengoptimalkan angkutan umum seperti oplet untuk rute jalan pada kawasan perbelanjaan khususnya Pasar Flamboyan. Untuk menambah ketersediaan ruang parkir juga dapat dilakukan dengan mengubah fungsi blok ruko sebagai tempat parkir serta membuat bangunan parkir di area parkir pasar. Setelah dilakukan penataan diperoleh nilai derajat kejenuhan Jalan Gajahmada dari 1,06 menjadi 0,53 dan nilai derajat kejenuhan Jalan Pahlawan dari 0,76 menjadi 0,38.
Kata Kunci : Tarikan pergerakan, derajat kejenuhan, tingkat kinerja jalan dan kebutuhan ruang parkir
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v4i4.19854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]