KAJIAN KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN PADA RUAS JALAN DI AREA KOMERSIAL KOTA PONTIANAK (STUDI KASUS: JL. TEUKU UMAR – JL. HOS COKROAMINOTO, KOTA PONTIANAK)

Wira Sahari, Slamet Widodo

Abstract


Kawasan komersial sudah pasti ramai dikunjungi orang baik menggunakan kendaraan maupun dengan berjalan kaki. Salah satu kawasan komersial yang masih minim akan fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki adalah pada kawasan sekitar Jalan Teuku Umar dan Jalan HOS Cokroaminoto khususnya pada kawasan Pontianak Mall dan Pasar Mawar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian akan kebutuhan fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki dan memberi rekomendasi jenis fasilitas penyeberangan yang tepat di Jalan Teuku Umar pada kawasan sekitar Telkom dan Pontianak Mall dan di Jalan HOS Cokroaminoto pada kawasan Pasar Mawar.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung ke lokasi yang akan diamati pada jam-jam sibuk selama tiga hari pengamatan meliputi hari sibuk dan hari libur. Data-data yang diambil adalah volume kendaraan, volume pejalan kaki dan penyeberang jalan, waktu tempuh kendaraan, headway kendaraan, geometrik jalan. Data yang diperoleh digunakan untuk memperoleh nilai P.V2 yang akan menentukan kriteria tipe fasilitas penyeberangan mana yang sesuai untuk kawasan yang telah ditinjau.

Analisa nilai P.V2 menghasilkan kesimpulan bahwa dari enam area yang telah diamati terdapat empat area yang layak untuk dibangun fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki yaitu pada area sekitar gerbang kedua Pontianak Mall berupa pelican crossing, area di ujung Jalan Teuku Umar pada kawasan Pasar Mawar berupa zebra cross dengan lampu kelap-kelip, area di kaki persimpangan Pasar Mawar berupa zebra cross dan zebra cross dengan lampu kelap-kelip dan yang terakhir area di jalan keluar sekunder Pasar Mawar berupa pelican crossing.

Kata kunci: fasilitas penyeberangan, zebra coss, pelican crossing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.