ESTIMASI KADAR ASPAL OPTIMUM PADA LASTON BERDASARKAN DATA HISTORIS PENELITIAN DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Eko Setiawan, Slamet Widodo, Eti Sulandari

Abstract


Lapis aspal beton (Laston) merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat yang mempunyai gradasi menerus, dicampur, dihampar pada suhu tertentu. Kualitas lapis perkerasan tergantung pada kekuatan bahan penyusun, ketepatan dalam perencanaan proporsi campuran dan kecermatan, ketelitian, serta keterampilan dalam pembuatan dan pencampurannya. Kadar aspal adalah bagian yang paling penting dalam penentuan campuran perkerasan Lapis Aspal Beton, dimana kadar aspal mempengaruhi kualitas dari campuran itu sendiri.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kadar aspal optimum dari penelitian-penelitian yang dilakukan di Fakulas Teknik Universitas Tanjungpura dan mengetahui nilai konstanta C dari persamaan Bina Marga yang digunakan. Data – data tersebut diolah dengan menggunakan analisa regresi linier sederhana, analisa regresi exponensial, analisa regresi logaritmik, dan analisa regresi polynomial sehingga didapat persamaan dari masing – masing analisa regresi yang dilakukan untuk kemudian dianalisa dengan memasukkan data hasil penelitian yang telah dikumpulkan kedalam masing-masing persamaan tersebut.

Hasil yang diperoleh dari 15 histori penelitian di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura didapatkan rata- rata nilai kadar aspal optimum (KAO) dari seluruh data adalah 6,49 % dan rentang kadar aspalnya adalah 6 % – 7 % dan nilai konstanta C yang digunakan  rentangnya sebesar 1,012 – 2,066, hal tersebut berbeda dari ketentuan bina marga dengan rentang nilai kadar aspal optimum sebesar 4% - 7% dan nilai konstanta C sebesar 0,5 – 1. Kesimpulan yang didapat dari 15 histori penelitian di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura dengan analisa regresi adalah semakin besar nilai konstanta C pada proporsi campuran, maka kadar aspal optimum yang didapat akan semakin besar.

Kata Kunci : Kadar aspal optimum, nilai konstanta C, Laston , regresi linier sederhana, regresi exponensial, regresi logaritmik, dan regresi polynomial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.