ESTIMASI KADAR ASPAL OPTIMUM PADA HRS BERDASARKAN DATA HISTORIS PENELITIAN DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Eko Danan Saputro, Slamet Widodo, Eti Sulandari

Abstract


Kualitas lapis perkerasan tergantung pada kekuatan bahan penyusunnya, ketepatan dalam perencanaan proporsi campurannya dan kecermatan, ketelitian, serta keterampilan dalam pembuatan dan pencampurannya. Kadar aspal adalah bagian yang paling penting dalam penentuan campuran perkerasan Hot Rolled  Sheet, dimana kadar aspal mempengaruhi kualitas dari campuran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar aspal optimum dari data historis penelitian di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Data – data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diambil dari  penelitian -  penelitian yang ada di  Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, karena selama ini kadar aspal yang di dapat bervariasi dan kadar aspal yang didapat harus memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh bina marga, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai konstanta C dari penelitian – penelitian yang telah di lakukan di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Untuk mendapatkan persamaan dari perbandingan antara nilai KAO dan nilai konstanta C, sehingga dari hasil analisa akan didapatkan persamaan untuk mengetahui nilai konstanta C dengan derajat kepercayaan yang paling besar dari setiap analisa regresi yang digunakan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan nilai kadar aspal optimum (KAO) dari seluruh data adalah 6,89 % dan rentang kadar aspalnya adalah 6,15 % – 8,20 % dan nilai konstanta C yang digunakan  dengan derajat kepercayaan 90,20%rentangnya sebesar 0,96 – 2,90. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar nilai konstanta C pada proporsi campuran, maka kadar aspal optimum akan semakin besar.

Kata Kunci : Kadar aspal optimum, nilai konstanta C, Hot Rolled Sheet, HRS, regresi linier sederhana, regresi exponensial, regresi logaritmik, dan regresi polynomial

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.