RANCANGAN DATABASE UNTUK PENGELOLAAN MATERIAL PADA PEMBANGUNAN GEDUNG TERMINAL SUPADIO

Nurhafidzah ., M. Indrayadi, Nurul Wardhani

Abstract


Dalam suatu proyek konstruksi, material adalah salah satu sumber daya terbatas yang menjadikan pengadaannya sebagai salah satu fungsi utama dari kegiatan konstruksi yang nilainya antara 50 % bahkan mencapai 70 % dari anggaran proyek. Penerapan sistem manajemen yang salah pada material konstruksi akan berakibat buruk bagi finansial dan kemajuan pelaksanaan. Untuk memperkecil resiko, suatu proyek konstruksi perlu dilakukan suatu manajemen dengan merancang sistem pengelolaan material berbasis database. Dengan dibangunnya rancangan sistem pengelolaan material berbasis database dapat memberikan kemudahan memperoleh informasi yang diperlukan dalam pengendalian material.

Rancangan ini diawali dengan pengumpulan data dan informasi dari perusahaan konstruksi PT. Hutama Karya (Persero) pada Proyek Pembangunan Gedung Terminal Supadio Pontianak. Infomasi yang dikumpulkan berupa form-form serta pihak-pihak yang terlibat dalam proses manajemen yang terjadi pada perusahaan konstruksi PT. Hutama Karya (Persero). Desain rancangan ini berupa rancangan konseptual dan berfokus pada proses pengadaan, penerimaan dan pengeluaran material. Metode yang digunakan dalam pembuatan rancangan ini menggunakan metode rancangan tersetruktur yaitu menjelaskan tentang DFD, Diagram Konteks, ERD dan Tabel Relasi.

Dengan adanya sistem rancangan ini dapat memudahkan penyimpanan data dan mempercepat pengolahan pencarian data, sehingga informasi dapat diperoleh dengan mudah dan pelaporan logistik dapat dibuat dengan tepat dan cepat.

 

Kata Kunci : material, manajemen material, sistem database


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.