EFEKTIFITAS KEGIATAN SARANA/PRASARANA DAN SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (PNPM MPd) DALAM PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

NURHAYATI B61112009

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Kegiatan Sarana/Prasarana dan SPP PNPM MPd di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sangat perlu dikaji secara rinci terlebih mengenai ketepatan program PNPM MPd dalam upaya memberikan kontribusi pembangunaan desa agar masyarakat dapat memperoleh fasilitas yang memadai agar roda usaha dari segala sektor dapat berjalan dengan mudah, sehingga sangat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Dengan variable penelitian : 1. Untuk kegiatan sarana/prasarana menggunanakan indicator tepat waktu, tepat biaya, dan tepat jumlah (unit). 2. Untuk kegiatan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) menggunakan indicator Tepat jumlah Pengembalian Dana Bergulir. Perhitungan kegiatan sarana/prasarana dari tahun 2011-2015 berdasarkan indicator dengan membandingkan Realisasi dengan Target. Hasil rekapitulasi dapat dikelompokkan menjadi lima (5) kriteria  yaitu  sangat  efektif, efektif,  cukup  efektif,  kurang  efektif,  dan  tidak  efektif. Perhitungan kegiatan SPP dari tahun 2011-2015 berdasarkan indicator dengan membandingkan Realisasi dengan Target. Hasil perbandingan dapat dilihat rasio keberhasilan, semakin besar rasio keberhasilan akan semakin efektif, standar minimal rasio keberhasilan adalah seratus persen. Dan untuk mengetahui efektivitas PNPM MPd dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menggunakan tanggapan responden sebanyak 77 orang sebagai sampel dari populasi sebanyak 337 orang.

Berdasarkan analisis efektifitas dalam penelitian ini, untuk kegiatan sarana/prasarana dimana indicator ketepatan waktu yang memenuhi syarat ada sebanyak 98%, indikator ketepatan biaya yang memenuhi syarat ada sebanyak 100%, indikator ketepatan dimensi yang memenuhi syarat ada sebanyak 100 %, ketepatan jumlah yang memenuhi syarat ada sebanyak 100%. Sehingga PNPM MPd pada kegiatan sarana/prasarana berdasarkan indicator ketepatan waktu, indikator ketepatan biaya, ketepatan dimensi, indikator ketepatan jumlah sudah efektif. Untuk kegiatan SPP berdasarkan indikator jumlah pengembalian dana bergulir maka dihasilkan rekapitulasi 100,6 % atau rasio keberhasilan adalah lebih seratus persen adalah kegiatan ini berjalan sangat efektif. Sedangkan tanggapan responden PNPM MPd dalam pembangunan lebih dari 60% atau baik, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat juga lebih dari 60% atau baik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.