PENGARUH INVESTASI DAN KUALITAS TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2009-2015

Mahfud B2052162005

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul Pengaruh Investasi dan Kualitas Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi di Indonesia Tahun 2009 sampai dengan 2015, dengan tujuan adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh investasi dan kualitas tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia pada tahun 2009 -2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, untuk melihat pengaruh variabel bebas yakni: investasi, kualitas tenaga kerja (tenaga kerja berpendidikan rendah, menengah dan tinggi) terhadap variabel terikat (pertumbuhan ekonomi) provinsi di Indonesia digunakan model regresi linier berganda, menggunakan data panel dengan jumlah observasi sebanyak 231 dari 33 provinsi di Indonesia, serta alat analisis statistik yaitu uji t, uji F dan koifisien determinasi.

Hasil penelitian diperoleh bahwa penanaman modal dalam negeri (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penanaman modal asing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia. Tenaga kerja berpendidikan rendah (X3) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia, tenaga kerja berpendidikan menengah (X4) berpengaruh negatif namun signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia sedangkan tenaga kerja berpendidikan tinggi (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia.

 

Kata Kunci : PMDN, PMA, Tenaga Kerja Berpendidikan Rendah, Tenaga Kerja Berpendidikan Menengah, dan Tenaga Kerja Berpendidikan Tinggi.


Full Text:

PDF PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.