PENGARUH VARIABEL EKONOMI MAKRO TERHADAP PENGANGGURAN DI KALIMANTAN TAHUN 2001-2015

SEVA YUFANDA B2053151030

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar tentunya juga mengalami masalah ketenagakerjaan. Banyaknya tenaga kerja dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia menyebabkan terjadinya pengangguran. Begitu juga halnya yang terjadi di Pulau Kalimantan. Tingkat pengangguran yang terjadi di Kalimantan sejak tahun 2001 – 2015 cenderung menurun. Hal ini tentunya dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain perbaikan perekonomian suatu daerah, tingkat upah yang tiap tahunnya meningkat serta naik turunnya harga barang yang mempengaruhi daya beli masyarakat. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran; (2) pengaruh upah minimum regional terhadap pengangguran; (3) pengaruh inflasi terhadap pengangguran.

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS).  Data yang dianalisis merupakan data panel yang terdiri dari 4 (empat) provinsi di Kalimantan selama 15 (lima belas) tahun. Analisis dilakukan dengan bantuan program software E-views seri 6.0.

Hasil penelitian menunjukkan secara parsial (1) pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan positif terhadap pengangguran. Hal ini dikarenakan tenaga kerja banyak teralihkan ke sektor pertanian dan rendahnya tingkat produktivitas tenaga kerja. (2) upah minimum regional berpengaruh  signifikan negatif terhadap pengangguran, hal ini dikarenakan besarnya upah setiap tahun menyebabkan banyaknya penawaran tenaga kerja dan juga rendahnya tingkat pendidikan tenaga kerja (3) inflasi tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap pengangguran, dimana inflasi terjadi disebabkan meningkatnya permintaan akan suatu barang menyebabkan perusahaan harus melakukan produksi lebih dengan menggunakan tenaga kerja yang lebih banyak. Sedangkan secara simultan pertumbuhan ekonomi, upah minimum regional dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap pengangguran.

Kata kunci : Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum Regional, Inflasi


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.