REDESIGN SMART CLOTHESLINE BERBASIS ARDUINO

joni eka candra, Very Karnadi

Abstract


Pesat nya perkembangan teknologi seperti jaman sekarang menuntut manusia untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan teknologi tepat guna yang dapat  membantu memudahkan pekerjaan manusia dalam kegiatan sehari-hari seperti kegiatan menjemur pakaian. Menjemur pakaian merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan didalam kehidupan rumah tangga, Kepulauan Batam mempunayai curah hujan yang hampir merata sepanjang tahun yaitu dengan nilai 230-280 mmtiap bulannya, dan masyarakat Kota Batam yang rata-rata bekerja di sektor industri dan pemerintahan secara tidak langsung sering berada diluar rumah sehingga kegitan menjemur pakaian biasa ditinggalkan berpergian atau bekerja, sehingga waktu turun hujan atau pada waktu hari sudah malam tidak bisa mengangkat jemuran. Maka dari permasalahan tersebut di atas maka dibuatlah jemuran otomatis (smart clothesline) menggunakan arduino dengan mendesain ulang dari jemuran otomatis yang sudah pernah diteliti yang mempunyai kelebihan lebih mudah dan praktis dalam penggunaannya dan tidak terlalu banyak membutuhkan tempat. Setelah dilakukan pengujian sistem prototype jemuran otomatis (smart clothesline), terlihat  bahwa  sistem prototype dapat berfungsi karena komponen-komponen yang digunakan bekerja sesuai urutannya, dan didapatkan hasil ketika sensor air dicelupkan ke dalam wadah air motor servo bergerak dari sudut 0˚ ke sudut 90˚ menandakan jemuran bergerak menutup dan ketika sensor air diangkat dari wadah air motor servo bergerak dari sudut 90˚ ke sudut 0˚ menandakan jemuran bergerak membuka. Begitu juga ketika sensor cahaya (LDR) diberi sinar cahaya maka motor servo bergerak dari sudut 90˚ ke sudut 0˚ menandakan jemuran bergerak membuka dan sebaliknya ketika sensor cahaya (LDR) ditutup dari terkena sinar cahaya maka motor servo bergerak dari sudut 0˚ ke sudut 90˚ menandakan jemuran bergerak menutup. sistem protototype telah sesuia dengan rancangan  yang telah dibuat


Keywords


Arduino, Sensor Cahaya (LDR), Sensor Air

Full Text:

PDF

References


Rismawan, E., Sulistyanti, S., dan Trisanto, A. 2012. “Rancang Bangun Prototype Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Mikrikontroller ATMega8535”. JITET – Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan. Vol. 1 (1): 49-57.

Kahimpong, R, L., Umboh,M., dan Maluegha, B. 2016. “OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO ATMEGA32". Jurnal Online Poros Teknik Mesin. Vol. 6 (1): 69–81.

Laksono, A, B., Abidin. Z. 2014. “ Perancangan Dan Pembuatan Alat Jemuran Otomatis Sensor Deteksi Basah”. Jurnal Teknik A. Vol 6 (2) , ISSN No. 2085-0859, Hal 593-596

Manurung, A. D. E., Harahap, U. 2017 " Simulasi Kendali Jemuran Otomatis Automatic clothesline control ". JESCE-Journal of Electrical and System Control Engineering.,” vol. 1, (1),

Siswanto, D., Winardi, S. 2015. “ Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan dan Sensor LDR Berbasis Ardiuno Uno”. e-Jurnal NARODROID. Vol. 1 (2015): 66-73.

Mufida, E., Nurajizah, S., dan Abas, A. 2013. “Pengendali Atap Jemuran Otomatis dengan Sensor Cahaya Berbasis Mikrokontroller ATMega16”. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi: 269274.

Hakim, A.R., Lailiyah, S., dan Suntoro, F., A. 2018. “Prototipe Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Arduino Uno”. JUST TI. Vol. 10 (1): 16-21.

Feriska, A., Triyanto, D. 2017. “Rancang Bangun Penjemur Dan Pengering Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler”. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan. Vol. 05 (2): 67-76.

Darusman, A. D., Dahlan, M., Hilyana, F. S. 2018“RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT PENJEMUR PAKAIAN OTOMATIS,” SIMETRIS, vol. Vol. 9 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/elkha.v10i2.27152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ELKHA

                                              Flag Counter

                                                            

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:  Editor Jurnal Elkha, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Tanjungpura University, Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia