Analisis Penggunaan Aplikasi Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Ishak Ishak

Abstract


Abstract– Dana BOS yang dikucurkan pemerintah ke sekolah harus dipertanggung jawabkan dalam bentuk laporan sesuai dengan format yang telah ditentukan. Namun sebagian besar sekolah masih melakukan pencatatan transaksi pembukuan dana BOS secara manual, sehingga  kadang  terjadi  human error seperti kesalahan dalam  penulisan  data  yang  menyebabkan  data  menjadi  tidak  akurat  dan relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi sistem informasi pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang memudahkan pencatatan transaksi pembukuan pada Buku  Kas  Umum (BKU), Buku Pembantu Kas (BPK), Buku Pembantu Bank (BPB), Buku Pembantu Pajak (BPP) dan membantu Manajemen SMK Negeri 2 Pontianak dalam pelaporan penggunaan dana BOS. Aplikasi ini dirancang untuk digunakan oleh Bendahara BOS dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan. Dengan mengunakan Aplikasi Pelaporan Dana BOS proses pekerjaan lebih menjadi singkat dari proses pekerjaan secara manual sehingga terjadi penghematan pemakaian kusumsi energy listrik. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode pengujian black box dan hasil pengujiannya telah berjalan sesuai dengan fungsinya yang diharapkan. Hasil akhir pada penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu mengatasi masalah dalam pembukuan pada laporan BOS.

 

Keywords- BOS, Aplikasi pelaporan, BKU, BPK, BPB, BPP


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/elkha.v9i2.25117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal ELKHA

 

Editorial Office/Publisher Address:
Editor Jurnal Elkha, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/Elkha
email : jurnal.elkha@untan.ac.id

Assiciated with :

 

MoU FORTEI - ELKHA








                                            Flag Counter

 

                                                           

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.